Rabu, 17 Juli 2013

Psoriasis Artritis


a)      Defenisi
Adalah salah satu penyakit spondiloatropati seronegatif dimana terjadi reaksi inflamasi pada  sendi yang menyertai kelainan kulit (psoriasis).
b)      Diagnosis
Kriteria diagnosis PsA didapatkan 3 dari 4 kriteria di bawah ini :
1.      Daktilitis
2.    Lesi di kulit
3.    Faktor Reumatoid negatif
4.   Periosteal reaction
c)       Pemeriksaan Radiologis
Adanya perubahan tulang yang merupakan gabungan antara erosi (yang membedakannya dengan spondilitis ankilosa) dan produksi tulang dengan distribusi yang spesifik (membedakannya dengan artritis reumatoid).
d)          Pengobatan
OAINS efektif pada sebagian besar penderita. Metotreksat efektif baik pada kelainan kulit maupun artritis perifer yang menderitaoligoartritis dan monoartritis. Diberikan 7,5 mg-25 mg / minggu, disesuaikan dengan respon dan toleransi penderita. Kortikosteroid boleh digunakan dalam dosis rendah baik dalam bentuk kombinasi dengan DMARD maupun sebagai bridge therapy. Flare yang hanya mengenai 1 atau 2 seni dapat diatasi secara baik dengan suntikan kortikosteroid lokal. Penggunaan anti TNF menunjukan efek yang baik terhadap artritis perifer dan tulang belakang. Pada pnderita dengan nyeri yang tidak teratasi dan hilangnya fungsi sendi diperlukan tindakan operatif.

1 komentar:

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali ..
    oya untuk referensi mungkin bisa juga berkunjung di halaman berikut ini , http://www.tanyadok.com/kesehatan/psoriasis-penyakit-kulit-yang-hilang-timbul halamn tersebut cukup lengkap dan menambah wawasan..

    BalasHapus